Memilih Lembaga Pinjaman Tunai yang Tepat Untuk Tambahan Modal UMKM

Bagi pelaku UMKM, modal menjadi hal yang sangat penting. Cukup banyak usaha yang tersendat dan tidak bisa berjalan karena kekurangan modal. Oleh karenanya, pinjaman tunai sering menjadi solusi yang diambil untuk mendapatkan modal agar nantinya usaha yang dikelola bisa berjalan dengan lancar.


Memang, saat ini ada cukup banyak lembaga keuangan yang menyediakan layanan pinjaman tunai untuk para pelaku UMKM. Hanya saja, jika kita melihat berita yang muncul, tidak sedikit pelaku UMKM yang menjadi korban penipuan lembaga keuangan abal-abal.




Oleh karenanya, Anda yang ingin mengajukan pinjaman tunai tentu harus berhati-hati ketika hendak mencari lembaga pinjaman tersebut. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa tips yang penting untuk mencari lembaga pinjaman tunai yang terpercaya demi kelangsungan bisnis UMKM yang lebih lancar. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!


Tips Mencari Lembaga Keuangan Untuk Pinjaman Modal UMKM


Sebagaimana disinggung di awal bahwa saat ini ada cukup banyak lembaga pinjaman tunai yang menyediakan layanan. Tentu, adanya banyak opsi tersebut akan memudahkan Anda untuk memilih mana lembaga pinjaman tunai yang tepat.


Nah, untuk pertimbangan, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan terkait memilih lembaga penyedia pinjaman tunai yang tepat. Beberapa tips yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:


1)      Tercatat dan diawasi oleh OJK


Salah satu tips mendasar yang perlu dipertimbangkan ketika hendak mencari lembaga yang menyediakan pinjaman tunai adalah bahwa lembaga tersebut tercatat dan juga diawasi oleh OJK. Ini adalah standar utama yang sangat penting.


Lembaga pinjaman tunai yang tercatat dan diawasi oleh OJK artinya adalah bahwa lembaga tersebut merupakan lembaga keuangan yang resmi. Tentu, dengan pengawasan tersebut nantinya risiko terjadinya masalah dan juga penipuan pun nantinya akan cenderung rendah.


2)      Terdapat website resmi


Ketika hendak mencari lembaga untuk pinjaman tunai yang baik, maka pastikan jika lembaga tersebut memiliki website resmi. Di zaman digital seperti sekarang ini, website resmi adalah hal yang sangat penting dan menunjukkan tingkat kredibilitas dari lembaga tersebut. Artinya, lembaga keuangan yang memiliki website resmi adalah lembaga yang lebih kredibel.


Nah, dari website tersebut, Anda bisa mencari tahu berbagai informasi tentang lembaga keuangan tersebut termasuk syarat pinjaman, layanan yang diberikan, dan lainnya. Tidak hanya itu, Anda pun juga bisa membaca testimoni yang diberikan oleh nasabah sebelumnya.


Sebaliknya, lembaga keuangan yang tidak memiliki website resmi bisa jadi adalah lembaga abal-abal. Anda sebaiknya menghindarinya.


3)      Jangan tergiur dengan promo


Tips lain yang tidak kalah penting tentang mencari lembaga pinjaman tunai untuk tambahan modal UMKM adalah hindari promo yang diberikan. Memang, dalam permasalahan pinjaman, promo menjadi hal yang begitu menarik dan terlihat menguntungkan.


Anda bisa saja memanfaatkan promo tersebut, namun cek apakah promo yang ditawarkan tersebut valid atau tidak. Jika promo yang ditawarkan terkesan mengada-ada dan Anda justru diharuskan membayar sekian uang, maka sebaiknya Anda tidak berbisnis dengan lembaga keuangan penyedia pinjaman tunai tersebut.


4)      Perhatikan transparansi


Transparansi juga menjadi hal yang sangat penting ketika berbincang masalah memilih lembaga keuangan yang menyediakan pinjaman tunai. Ya, hal ini dikarenakan dengan transparansi yang baik, maka Anda bisa melihat bagaimana lembaga keuangan tersebut bekerja sehingga apa yang menjadi keinginan Anda bisa terpenuhi dengan baik.


Perihal poin ini, berusahalah untuk mencari lembaga keuangan yang terbuka. Lembaga yang baik adalah mereka yang mau dan dengan senang hati menjelaskan tentang tenor dari pinjaman tunai yang diajukan, cara melunasi cicilan, keringanan yang diberikan dan lainnya.


Sebaliknya, hindari berhubungan dengan lembaga keuangan penyedia pinjaman tunai yang tampak tertutup. Bisa jadi, Anda nantinya terkena bunga yang besar atau denda yang sebenarnya belum pernah dijelaskan ketika Anda mengajukan pinjaman tersebut.


Beberapa hal di atas adalah apa yang sebaiknya Anda pertimbangkan ketika hendak mengajukan pinjaman tunai. Nah, saat ini ada cukup banyak Fintech Lending Indonesia yang menyediakan pinjaman. Bandingkan beberapa lembaga tersebut untuk mendapatkan support untuk menjalankan bisnis UMKM Anda. Semoga bermanfaat.


Deskripsi: pinjaman tunai menjadi solusi dari masalah modal para pelaku UMKM. Hanya saja, Anda perlu selektif dalam memilih lembaga yang menyediakan pinjaman tersebut.

No comments