Ingin Menambah Aset dengan Berinvestasi? Pelajari 3 Hal Wajib ini!

Dalam mengevaluasi keuangan pribadi atau refleksi keuangan, salah satu hal terpenting adalah mengetahui apakah terjadi penambahan aset? Kenapa hal ini penting, karena penambahan aset merupakan aspek yang dapat mempengaruhi gambaran secara umum keuangan Anda. Bertambah atau berkurang akan berpengaruh terhadap tingkat kekayaan Anda. Apabila target aset kamu bertambah namun perlahan, atau bahkan berkurang tidak sesuai dengan target yang ditentukan, maka kamu bisa mencoba juga beberapa cara untuk mengejar pencapaiannya. Bisa dimulai dengan membuka tabungan dengan nilai bunga yang menguntungkan, beli properti dengan nilai yang cenderung naik, atau juga bisa mencoba pilihan yang kini tengah naik daun yaitu investasi saham.



Investasi itu sendiri adalah sebuah aktivitas menyimpan atau menempatkan sejumlah dana pada suatu aset dengan harapan nilainya akan terus bertambah dan menimbulkan keuntungan. Seseorang yang melakukan investasi disebut investor, kini investor tidak hanya datang dari kalangan mapan yang siap dengan modal besar. Dewasa ini kegiatan investasi juga digandrungi kalangan muda. Sebagai kalangan muda yang juga ingin menambah aset dengan investasi saham harus terlebih dahulu mempelajari beberapa hal mendasar mengenai investasi. Berikut ini adalah 4 hal yang wajib Anda pelajari sebelum memulai investasi:


Tujuan dan Target Investasi


Pastikan sebelum memulai Anda harus mengetahui terlebih dahulu dengan jelas apa tujuan Anda dalam berinvestasi dan targetnya seperti apa nantinya. Tujuan yang jelas layaknya GPS bagi Investor karena akan mengarahkan Anda ke titik akhir dalam investasi. Memiliki tujuan juga bisa mempengaruhi strategi Anda dalam berinvestasi. Misalnya tujuan ini untuk menambah aset, persiapan dana pensiun, menambah biaya anak sekolah, dan lain-lain. Sebagai contoh untuk dana sekolah anak, orang tua bisa berinvestasi kepada saham yang cenderung stabil dalam jangka Panjang. Setelah tujuannya sudah jelas, makan Anda bisa menetapkan target yang diinginkan.


Kenali istilah-istilah dalam investasi saham


Memulai sesuatu yang baru kita harus banyak-banyak mencari informasi dan menambah wawasan yang terkait. Dalam berinvestasi saham, investor juga harus terbiasa dengan istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia investasi atau trading. Misalnya seperti ABA (Auto Rejection Bawah) adalah sebuah istilah untuk penurunan saham melebih batas, terus ada akuisisi yaitu merupakan penggabungan sebuah badan usaha dengan memiliki atau menguasai sebagian besar saham badan usaha lainnya. Masih banyak istilah-istilah yang sering digunakan yang wajib kamu ketahui, agar nanti mudah dipahami hingga mengerti Langkah apa harus diambil guna meminimalisir kerugian nantinya.


Menentukan modal yang tepat


Dalam menentukan modal awal juga tidak boleh asal-asalan karena hal tersebut bisa berdampak pada investor pemula. Sebagai pemula juga harus mengerti betul strategi penempatan dana dalam membeli saham, agar dapat meminimalisir kerugian di kemudian hari. Sebelum menempatkan dana Anda harus mempertimbangkan kemampuan finansial yang kamu miliki saat ini. Alangkah baiknya tidak tergiur untuk menempatkan semua isi tabungan kamu dalam berinvestasi, dahulukan pos-pos pengeluaran primer Anda terlebih dahulu.


Saat ini banyak developer yang mengembangkan layanan investasi yang dilalukan secara online melalui aplikasi, hal ini merupakan bentuk layanan perdagangan saham bentuk terbaru yang lebih mudah dilakukan oleh siapa saja, dan sangat cocok untuk pemula. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah kelegalitasan sebuah aplikasi investasi. Anda harus jeli apakah aplikasi yang kamu pilih sudah mendapat izin dari OJK atau belum.


Investasi di Nanovest


Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah Aplikasi Investasi Nanovest, yang sudah mendapat izin resmi dari pemerintah, terdaftar di BAPPEPTI dan mengantongi izin dari Kemeterian Perdagangan.


Berbicara mengenai modal pertama yang akan digunakan, melalui aplikasi Nanovest Anda tidak perlu khawatir karena bisa memulai dengan model terkecil sebesar Rp. 5000 saja. Di Nanovest Anda bisa berinvestasi dan melakukan trading saham, bisa membeli aset digital lainnya seperti kripto, dan juga bisa transfer dana. Aplikasi Nanovest bisa Anda install sekarang dari Google Play Store.

No comments